Agar Tidak Menguning, Ini Dia Cara Mencuci Mobil Putih Yang Tepat

1 min read

Agar Tidak Menguning, Ini Dia Cara Mencuci Mobil Putih Yang Tepat

Agar Tidak Menguning, Ini Dia Cara Mencuci Mobil Putih Yang Tepat
5 (100%) 1 vote

Mobil berwarna putih memang memiliki daya minat yang paling tinggi, karena memang warna putih memberikan sisi keeleganan sendiri.

Meski demikian, sayangnya mobil berwarna putih harus melalui cara perawatan yang sedikit ekstra, terutama pada bagian catnya.

Ya, cat mobil yang berwarna putih, biasanya akan lebih rentan terkena kotoran, bahkan kotoran tersebut bisa menyebabkan cat mobil menjadi kuning.

Berkaitan dengan hal tersebut, cara mencuci mobil putih pun memang berbeda dengan mobil lainnya. Lalu bagaimana cara yang tepat? Berikut penjelasannya:

  1. Bersihkan Kotoran Atau Debu Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam cara mencuci mobil putih adalah dengan memberikan debu atau kotoran terlebih dahulu yang menempel pada body mobil. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kemoceng. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Sebab, jika Anda terlebih dahulu membersihkan bagian yang kotor, maka nantinya kotoran tak akan menggores body mobil ketika dicuci menggunakan sabun. Jadi yang terpenting adalah hilangkan terlebih dahulu kotoran atau debu yang menempel.

  1. Air yang Digunakan

Biasanya ketika mencuci mobil, orang akan menggunakan sembarang air selagi masih terlihat bersih atau jernih. Padahal hal tersebut bisa memberikan resiko tersendiri dan sebaiknya Anda hindari.

Mengapa demikian? Sebab, air yang sangat dianjurkan untuk digunakan mencuci mobil adalah air yang bersih dan tidak terdapat kandungan karat tinggi di dalamnya. Karena, air yang memiliki kandungan karat tinggi, akan menimbulkan jamur pada body mobil yang menyebabkan mobil berwarna putih berubah menjadi kekuningan.

  1. Gunakan Sampo atau Sabun yang Tepat

Salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika mencuci mobil adalah sabun atau sampo yang digunakan. Dan pastikan sampo atau sabun yang Anda pilih tidak mengandung detergen yang sangat tinggi. Sebab detergen yang tinggi akan merusak lapisan pelindung pada cat mobil, sehingga warna mobil akan menjadi kekuningan.

  1. Jangan Gunakan Sponge Ketika Mencuci Mobil
Baca Juga !  Tips Menciptakan Desain Ruang Makan Mewah dengan Biaya Minimal

Jika mencuci mobil lainnya diperolehnya menggunakan sponge, maka tidak untuk mobil berwarna putih. Sebab hanya menggunakan sponge saja, kotoran tidak akan menghilang dengan mudah. contoh lap yang bisa digunakan yaitu lap khusus seperti microfiber.

  1. Keringkan Menggunakan Lap Bersih

Setelah mobil dicuci dengan bersih, pastikan lap yang digunakan untuk mengeringkan adalah lap bersih hingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang memiliki serat halus, agar air bisa menyerap dengan sempurna. Dan pastikan tidak ada air yang tersisa, sebab jika mengering dengan sendirinya, akan membuat cat menjadi memudar.

  1. Menggunakan Pelindung Cat Mobil

Jika dirasa hanya dengan mencuci mobil secara rutin saja tak sempurna, maka Anda bisa menggunakan perlindungan cat mobil. Misalnya menggunakan wax yang memiliki kandungan pH 0,3. Hanya dengan mengoleskan satu kali dalam seminggu saja hasilnya sudah bagus.

Bagi Anda yang tertarik memiliki mobil berwarna putih, sekarang tak perlu khawatir lagi, karena dengan beberapa cara mencuci mobil tersebut tentunya keawetan warna putih mobil ada tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A1D8194D802B