Arti di Balik Logo Asian Games 2018

1 min read

Arti di Balik Logo Asian Games 2018

Arti di Balik Logo Asian Games 2018
5 (100%) 1 vote

Perhelatan olahraga Asian Games merupakan event yang diadakan 4 tahun sekali dan diikuti oleh berbagai negara di Asia dan untuk tahun 2018 ini Indonesia didapuk menjadi tuan rumah pelaksana. Kehormatan ini membuat pemerintah Indonesia melakukan persiapan mulai dari infrastruktur, kesiapan para atlet hingga pemilihan logo Asian Games 2018.

Persiapan ini sudah dilakukan pemerintah jauh-jauh hari sebelum rencana pelaksanaan agar seluruh acara bisa berlangsung sesuai dengan harapan. Untuk tahun ini perhelatan Asian Games 2018 dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta yaitu di kawasan Gelora Bung Karno dan di Palembang tepatnya di kawasan Jakabaring Sport City.

Arti di Balik Logo Asian Games 2018

Logo Asian Games 2018 kali ini dipilih langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Logo ini secara resmi menggantikan logo Asian Games periode sebelumnya yang berupa gambar untaian bulu cendrawasih.

Logo Asian Games tahun 2018 ini berupa lingkaran aneka warna dengan sebuah lambang matahari di bagian tengahnya.

Gambar ini sebenarnya merupakan bentuk sketsa tampak atas dari Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta dengan matahari sebagai poros tengahnya. Logo ini dipilih karena memiliki filosofi tersendiri yang maknanya cukup dalam baik untuk penyelenggaraan Asian Games sendiri maupun untuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Setiap goresan desain pada logo Asian Games 2018 ini mempunyai maknanya masing-masing. Gambar matahari di bagian tengah logo menggambarkan sumber energi utama yang kemudian menyebar melalui 8 garis yang memotong gambar lingkaran.

Garis-garis ini menggambarkan penyebaran energi utama Asian Games ke seluruh Asia.

Selain menggambarkan energi Asian Games yang menyebar ke 8 penjuru tersebut, logo ini juga dapat diartikan sebagai harapan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah kali ini juga mampu menunjukkan prestasi maupun mempromosikan potensi Indonesia ke seluruh Asia bahkan dunia.

Oleh karena itu pemerintah beserta seluruh atlet Indonesia mengusahakan semua yang terbaik untuk gelaran Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang ini.

Selain logo, Asian Games 2018 juga diramaikan dengan kehadiran maskot-maskot lucu yaitu Bhin-Bhin, Atung dan Kaka. Ketiga nama maskot ini diambil dari semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu.

Bhin-bhin merupakan burung cendrawasih dari Indonesia Timur, Atung merupakan rusa Bawean yang mewakili Indonesia Tengah sedangkan Kaka merupakan maskot berupa badak bercula satu yang merupakan hewan yang berada di ujung kulon sebagai perwakilan Indonesia bagian barat.

Anda bisa mengikuti berbagai berita maupun informasi terbaru seputar logo Asian Games 2018 dan info terkait Asian Games lainnya di MLD spot.

Update informasi terkini untuk membuka wawasan Anda tentang berbagai bidang mulai dari olahraga, kuliner, komunitas dan informasi berkualitas lainnya.

Baca Juga !  Prediksi Tren Desain Interior 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A1D8194D802B