Kelebihan dan Kekurangan Scooter Listrik
Umum

Kelebihan dan Kekurangan Scooter Listrik

Scooter listrik telah jadi salah satu kendaraan yang diklaim ramah lingkungan dan bahkan disebut-sebut sebagai kendaraan masa depan.

Bagaimana tidak, kendaraan satu ini tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga hemat energi serta takkan mengeluarkan gas buang berupa karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan.

Skuter listrik juga memiliki jenis yang sangat beragam serta tak kalah dari sepeda motor konvensional yang sangat bervariasi. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan ini, ada baiknya jika kita pahami dulu apa saja kekurangan serta kelebihan yang dimilikinya.

Ini penting agar kita bisa mempertimbangkan kembali apakah kita benar-benar ingin membelinya.

Pahami Plus Minus Scooter Listrik Sebelum Membeli

 

Kelebihan scooter listrik memang terbilang sangat banyak. Di antaranya adalah terdiri dua pilihan tenaga, yaitu dikayuh ataupun menggunakan listrik. Jika pengguna sudah lelah mengayuh, maka tenaga listriknya bisa digunakan.

Skuter listrik juga terbilang efektif sebagai kendaraan yang digunakan untuk kegiatan rutin dalam jarak dekat terutama yang melewati jalanan naik turun agar pengguna tak merasa kelelahan.

Skuter listrik tak mengeluarkan polusi udara sehingga lebih aman bagi lingkungan.

Satu kali pengisian ulang akan bisa membuat skuter listrik menempuh jarak antara 40 hingga 50 km.

Jarak sejauh ini kira-kira akan bisa digunakan untuk perjalanan dua hari.

Biaya pemeliharaan scooter listrik juga tak sebesar biaya untuk memelihara sepeda motor konvensional yang menggunakan BBM. Terakhir, skuter listrik ini tak dikenakan pajak maupun kewajiban kepemilikan surat-surat seperti STNK maupun BPKB.

Namun di samping semua kelebihan tersebut, kendaraan ramah lingkungan ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Di antaranya adalah usia aki akan sangat dipengaruhi kualitas.

Makin mahal serta terkenal merk akinya, maka kualitasnya juga akan semakin baik.

Usia aki sendiri rata-rata adalah dua tahun, sehingga kita harus membeli aki baru dalam waktu tersebut. Harga aki sendiri bervariasi mulai dari Rp750 ribu hingga Rp2 juta tergantung dari kualitasnya.

Jika listrik sudah habis, maka kendaraan ini takkan bisa dijalankan lagi sehingga kehilangan sisi kemudahannya. Waktu pengisian ulang juga cukup lama yaitu dapat mencapai 8 jam.

Kita bisa mengisi daya skuter listrik di malam hari agar paginya tak perlu khawatir akan kehabisan listrik di tengah jalan. Kecepatan maksimal dari kendaraan ini sendiri hanya berkisar antara 30 hingga 40 km per jam.

Selain itu, akselerasi perpindahan kecepatannya tentu tak sespontan sepeda motor yang menggunakan BBM.

Kekurangan lain dari scooter listrik ialah jaringan bengkel resmi yang masih sangat jarang ditemui.

Akan cukup sulit untuk melakukan servis berkala atau melakukan perbaikan ketika ditemukan adanya kerusakan komponen. Demikian adalah aneka kelebihan serta kelemahan dari skuter listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *