Keraton Yogyakarta, Pusat Kebudayaan Jawa
Wisata

Keraton Yogyakarta, Pusat Kebudayaan Jawa

Kota Jogja menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki banyak sekali nama dan julukan.

Nama kota Yogyakarta ini memiliki banyak sebutan seperti kota Jogja, Kota Jogjakarta, Kota Yogya dll. Kota Jogja juga punya banyak julukan seperti kota pelajar, kota budaya, kota wisata kuliner dan kota surga belanja.

Nah buat kamu yang masih asing dengan julukan tersebut kamu bisa buktikan disini kamu bisa tau terdapat banyak tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi.

Tidak berlebihan jika kota Jogja disebut sebagai kota Budaya karena di kota ini terdapat istana raja atau Keraton yang jadi pusat kebudayaan Jawa.

Selain sebagai tempat tinggal raja bersama permasuri dan keluarganya, keraton Yogyakarta ini juga dijadikan sebagai tempat wisata sehingga siapapun boleh mengunjungi keraton ini dengan syarat para pengunjung harus berpakaian rapi dan bertutur kata yang sopan.

Ada banyak sekali hal yang menarik yang bisa kamu lihat pada saat datang ke Keraton Yogyakarta ini mulai dari bangunan yang megah dan nuansa Jawanya yang kental, benda koleksi Raja dan keluarga, pertunjukan seni juga kehidupan para abdi dalem.

Kamu juga bisa melihat beragam upacara adat yang digelar di dalam Keraton misalnya Caos Dahar,Grebeg dan masih banyak lagi. Keraton Yogyakarta ini sampai saat ini masih menjadi tempat tinggal Raja Jogja dan istri.

Di kompleks keraton, kamu bisa melihat ruang pameran untuk benda kuno seperti keramik, gamelan, lukisan dll.

Di dalam bangunan kamu juga bisa melihat aneka koleksi batik yang terdapat di sumur kuno yang dasarnya dipenuhi dengan uang. Setiap hari Selasa Wage, kamu bisa menyaksikan lomba jemparingan atau lomba panahan gaya Mataraman yang dilakukan di lapangan Kemandungan Kidul. Semua pemanah yang akan mengikuti lomba akan memakai pakaian jawa.

Keraton Yogyakarta dibuka setiap hari untuk para pengunjung mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 14.00 WIB. Khusus di hari Jum’at, Keraton akan tutup pada pukul 11.00 WIB. Untuk masuk ke Keraton Yogyakarta kamu hanya perlu membayar 5 ribu untuk pengunjung yang berasal dari Indonesia dan 15 ribu untuk yang berasal dari luar Indonesia.

Ada dua loket masuk yang bisa kamu datangi , yang pertama di Tepas Keprajuritan yang terletak di alun-alun utara dan di Tepas Pariwisata yang terletak di Regol Keben. Jika mau melihat koleksi keraton yang lebih lengkap, kamu harus masuk melalui Tepas Pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *