Keunikan Pulau Komodo yang Menarik
Wisata

Keunikan Pulau Komodo yang Menarik

Objek wisata di timur kepulauan Nusa Tenggara ini memang sedang populer bagi para traveler. Bukan hanya turis lokal yang datang ke tempat ini, banyak turis asing yang jauh-jauh datang untuk menikmati keunikan Pulau Komodo.

Pulau yang masuk dalam kawasan konservasi dan menjadi keajaiban dunia ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki di tempat lain di Indonesia bahkan di dunia Pertama adalah Taman Nasional Komodo, hanya di kawasan wisata ini saja wisatawan dapat melihat kadal purba yang masih hidup dengan ukurannya yang mencapai 2-3 meter.

Komodo merupakan hewan endemik yang hanya ditemukan di kawasan Taman Nasional Komodo antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Selain unik tempatnya hewan tersebut juga memiliki keunikan yaitu dapat berkembang biak tanpa pejantan. Reptil besar tersebut juga memiliki racun yang berbahaya di lidahnya. Hewan karnivora tersebut juga memiliki indera penciuman yang tajam.

Keunikan Pulau Komodo selanjutnya adalah memiliki pantai dengan warna pasir yang unik.

Kawasan wisata ini memiliki 2 pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. Pink Beach atau Pantai Pink dan Pantai Namo, keduanya terletak dalam satu pulau yang sama dan sama-sama memiliki pasir pantai yang berbeda dari kebanyakan.

Jika umumnya pasir pantai berwarna hitam atau putih, di sini Anda akan mendapatkan sensasi baru dengan pantai berpasir pink yang manis dipandang. Warnanya yang berbeda bisa mengobati rasa bosan Anda akan warna pasir pantai yang selalu hitam atau putih.

Keunikan lain yang didapatkan di pulau ini adalah adanya pulau yang tidak dihuni manusia melainkan oleh hewan napturnal. Pulau Kalong, tempat dimana wisatawan dapat melihat rombongan kelelawar terbang keluar dari balik pepohonan.

Pengunjung hanya bisa melihat pemandangan unik tersebut saat hari mulai gelap, karena kelelawar memang mencari makan di malam hari.

Itulah beberapa keunikan Pulau Komodo yang tentu menarik dan hanya dapat Anda temukan di kawasan Taman Nasional Komodo.

Berbagai usaha seperti larangan perburuan, penebangan pohon, dan larangan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *