Makna Dibalik Nasi Tumpeng

1 min read

Makna Dibalik Nasi Tumpeng

Makna Dibalik Nasi Tumpeng
5 (100%) 1 vote

Nasi tumpeng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi kebanggaan tentunya. Selain karena rasanya yang khas, bentuknya yang unik. Nasi tumpeng juga memiliki makna mendalam dari tampilan nasi tumpeng tersebut. Itulah sebabnya mengapa tumpeng nasi kuning menjadi makanan yang harus senantiasa hadir pada acara-acara sakral misalnya syukuran, upacara tujuh bulanan, syukuran bertambah umur dan banyak lainnya.

Makna Tersirat Pada Nasi Tumpeng Yang Harus Anda Ketahui

Anda termasuk penggemar nasi tumpeng? Jikalau iya, tentu hal tersebut sangatlah wajar mengingat orang Indonesia memang menggemari makanan yang memiliki citra rasa yang gurih dan lezat. Tetapi tahukah Anda bahwasanya selain karena rasa dan bentuknya yang unik, nasi tumpeng juga memiliki makna dibalik tampilannya saat ini. Bahkan ada yang mengaitkannya dengan tradisi atau budaya masyarakat itu sendiri. Tetapi terlepas dari ke semua itu, Anda harus mengetahui apa saja makna yang tersirat dibalik tumpeng nasi kuning. Berikut adalah uraiannya:

  • Bentuk nasi yang mengerucut

Salah satu ciri khas dari tumpeng adalah bentuknya yang mengerucut. Tetapi ternyata ada makna yang terkandung dari bentuk tumpeng tersebut. Bentuk nasi yang mengerucut dinilai sebagai harapan kehidupan yang akan lebih baik lagi, sering juga dikaitkan dengan perumpamaan bahwa bentuk tumpeng menyerupai tangan yang sedang berdoa kepada yang Kuasa.

  • Nasi yang berwarna kuning

Nasi yang berwarna kuning ternyata memiliki makna di dalamnya. Warna kuning sering digambarkan dengan kemakmuran. Artinya nasi tumpeng tersebut juga sebagai ungkapan memohon kemakmuran dan ucapan bentuk rasa syukur di dalamnya.

  • Ingkung atau ayam jago yang dimasak dengan bumbu beserta santan
Baca Juga !  Ingin Membuat Cafe Minimalis? Gunakan Cara Desain Cafe Minimalis Ini

Ingkung juga menjadi pelengkap dari nasi tumpeng tersebut. Ingkung memiliki makna bahwasanya manusia tidak boleh membangkang dari perintah Sang Kuasa. Ingkung juga melambangkan bahwa sikap manusia yang sombong dan tidak baik haruslah dihilangkan.

  • Telur

Telur juga merupakan lauk yang wajib disertakan dalam nasi tumpeng. Telur yang disajikan biasanya direbus atau dipindang. Telur juga memiliki makna bahwasanya sebagai manusia kita tidak boleh sombong karena semua sama di mata Sang Pencipta yang membedakan hanyalah amal yang dimilikinya.

Demikianlah beberapa makna tersirat dalam tumpeng. Semoga bermanfaat.

IBX5A1D8194D802B