Tips Itinerary Liburan ke Cirebon

2 min read

Tips Itinerary Liburan ke Cirebon

Tips Itinerary Liburan ke Cirebon
Rate this post

Keliling kota Cirebon adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan minimal sekali seumur hidup.

Meskipun bukan termasuk kota untuk wisata yang populer, namun Kota Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah dengan kota lainnya kok.

Apalagi wisata kulinernya.

Nah sebenarnya untuk jalan-jalan ke kota tersebut kamu harus memiliki perencanaan yang matang terlebih dahulu. Mengapa? Karena di sana akan lebih mudah Jika kamu sudah memiliki rencana dan kemudian menyewa mobil.

 

Jadi Penempatan waktu yang kamu gunakan juga lebih efisien dan kamu akan tahu mau ke mana saja ketika di sana. Apa kamu yang harus kamu lakukan tentunya adalah reservasi hotel di Cirebon. Wajib banget tuh supaya kamu tidak ribet dan pusing mencari hotel ketika sampai di sana. Pastikan kamu pesan tiket hotel murah ya.

 

Oh ya ada satu lagi yang perlu kamu persiapkan yaitu itinerary. Ya seperti yang sudah dikatakan di atas tadi supaya jalan-jalan kamu jadi lebih terarah dan juga tidak akan melewatkan tempat-tempat yang menarik hanya karena pusing berputar-putar dan kehabisan waktu. Gimana sih caranya menyusun itinerary saat jalan-jalan ke Cirebon. Berikut ini adalah tips itinerary liburan ke Cirebon hanya untuk kamu. Simak yuk!

 

Buat itinerary wisata kuliner

 

Rasanya kurang afdol banget kalau tidak mencicipi kuliner khas suatu tempat ketika travelling. Manfaat kamu ke Cirebon tentunya kamu harus membuat itinerary yang berisi beberapa tempat wisata kuliner. Ada banyak kuliner khas dari Cirebon. Tentunya kamu harus mencobanya satu per satu jadi nggak ke sana. Kuliner Cirebon itu ada banyak ragamnya. Yang jelas bikin itinerary yang dekat dengan tempat kamu reservasi hotel di Cirebon, ya.

Baca Juga !  Alasan Kenapa Harus Piknik Ke Gunung Bromo Untuk Keluarga Anda

 

  • Tahu gejrot

Banyak yang mengira kalau tahu gejrot adalah makanan khas Jakarta. Nyatanya tahu gejrot ini daerah asalnya adalah dari Kota Cirebon. Perpaduan rasa manis, kandas, dan gurih bercampur menjadi satu menjadi keunikan dari kuliner tahu gejrot itu sendiri. Apalagi yang jadi khasnya adalah bawang putih dan juga aroma asam dari tahu yang digunakan. Wah harus banget mencoba tahu ke cerita liburan ke Cirebon pokoknya.

 

  • Empal gentong

Nah ini yang harus kamu coba juga saat ke Cirebon. Pada dasarnya empal gentong adalah kuliner yang serupa dengan gulai. Bedanya empal gentong ini sesuai dengan namanya dimasak di dalam sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat, atau disebut gentong. Makanan yang berisi daging sapi, usus, dan babat sangat nikmat jika disantap selagi  masih hangat dan dimakan bersama dengan nasi atau lontong yang kemudian dilengkapi dengan kerupuk. Wah nikmat sekali, kan membayangkannya juga.

 

  • Nasi jamblang

Kalau kamu ke Cirebon kamu harus mencari penganan yang satu ini. Mungkin kalau di pinggir jalan kamu akan lebih sering menemukannya dengan nama sego jamblang. Biasanya nasi jamblang ini disajikan diatas daun jati kemudian disajikan dengan berbagai lauk pauk mulai dari hati ayam, sate telur puyuh, terong, dan udang. Nah, nama jamblang itu sendiri diambil dari tempat asalnya yaitu di desa Jamblang, Cirebon.

 

  • Nasi lengko

Ada juga disebut sego lengko. Nah buat kamu yang vegetarian pas banget nih nasi lengko buat disantap saat liburan ke sana. Pasalnya, nasi lengko ini terdiri dari nasi putih hangat, tahu goreng, tempe goreng, toge rebus, dan potongan timun segar. Pas banget kan saat disantap ketika hari sedang panas panasnya. Potongan timun itu loh pasti membuat cita rasa nasi tersebut jadi lebih nikmat.

Baca Juga !  Paket Perjalanan Menarik Menjelajahi Tana Toraja

 

Buat itinerary ke tempat bersejarah

Tempat bersejarah memang harus dikunjungi ketika liburan ke sebuah kota. Pasalnya tempat bersejarah itu masih menyimpan berbagai cerita dibalik pembentukan kota tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui sebuah tempat lebih dalam tentunya pergi ke sebuah tempat bersejarah seperti museum maupun monumen pasti akan memberikan kamu banyak pengetahuan baru.

Untuk itu kamu pesan tiket hotel murah yang dekat dengan tempat wisata bersejarah di Cirebon, ya. Nah, di Cirebon ini kamu harus memasukkan itinerary ke tempat bersejarah antara lain.

 

  • Museum Pusaka Keraton Kasepuhan

Buat kamu yang nggak punya banyak waktu ketika wisata ke Cirebon. Penting banget buat mengunjungi museum ini. Koleksi yang ada di dalam Keraton Kasepuhan Cirebon tidak kalah menarik dengan koleksi yang ada di Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta.

Kan keren banget pokoknya.

 

  • Gua Sunyaragi

Kapan lagi kan main main ke gua bersejarah. Di Cirebon ada sebuah gua yang sebenarnya lebih mirip dengan candi. Di dalamnya terdapat berbagai releif yang bernilai seni tinggi.

Gua Sunyaragi bakal jadi tempat yang sangat menyenangkan buat kamu yang suka dengan spot foto unik dan menarik untuk di upload di instagram.

 

Nah, itu dia tips itinerary buat liburan ke Cirebon. Apa lagi yang kamu tunggu? Yuk, segera reservasi hotel di Cirebon dan pesan tiket hotel murah melalui Reservasi.com di sana yang letaknya strategis dan dekat dengan beberapa tempat wisata di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A1D8194D802B