4 Cara Merawat Gigi Susu Bayi Supaya Tetap Bersih, Sehat, Dan Rapi

1 min read

masalah-gigi-susu

Seringnya muncul pertanyaan “Apakah penting merawat gigi bayi itu?. Kan nantinya gigi susu tersebut akan dicabut juga. Dan nantinya akan diganti dengan gigi yang tetap”. Masih banyaknya orang tua yang memiliki pola pikir seperti itu. Tetapi ini adalah salah satu penyebab seorang anak nantinya akan memiliki gigi yang berantakan. Padahal ibu perlu untuk selalu menjaga kesehatan gigi bayi, karena gigi susulah yang akan membantu seorang anak untuk bisa mengunyah, berbicara, tersenyum, dan juga tertawa. Gigi susulah yang akan membantu anak hingga dirinya berusia kira kira enam tahun. Tetapi lebih dari itu karena peranan gigi tersebut sangatlah penting yaitu sebagai persiapan untuk tempat tumbuhnya gigi yang permanen.

Lalu bagaimana caranya supaya gigi bayi tetap bersih, sehat, dan rapi? Berikut 4 cara merawat gigi bayi supaya tetap bersih, sehat, dan rapi diantaranya yaitu :

  • Memperhatikan Dengan Benar Cara Menyikat Gigi

Sebaiknya ibu menyikat gigi bayi dengan segera pada saat setelah tumbuhnya gigi pertama bayi. Dengan melakukan perawatan gigi bayi sejak dini maka ini sebagai upaya membiasakan si kecil untuk selalu membersihkan giginya. Umumnya gigi pertama bayi akan mulai tumbuh pada saat bayi menginjak usia 6 hingga 18 bulan. Gigi gigi bayi tersebut nantinya akan tumbuh hingga jumlahnya 20 buah gigi. Dan ini akan membutuhkan waktu hingga bayi berusia sekitar 2,5 tahun.

  • Memilih Pasta Gigi Yang Benar

Supaya bayi tidak berpikir jika pasta gigi adalah sebuah makanan maka gunakanlah pasta gigi yang tidak memiliki rasa ataupun aroma apapun. Karena jika pasta gigi tersebut tertelan dalam jumlah yang banyak maka dikhawatirkan akan menyebabkan bayi mengalami diare. Supaya bayi giginya terlindungi dari terjadinya pembusukan maka gunakanlah pasta gigi yang mengandung flouride. Tetapi sebaiknya untuk merawat gigi yang baru tumbuh ini adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride rendah yaitu sekitar 25 mg.

  • Memilih Sikat Gigi Yang Benar

Untuk membersihkan gigi bayi yang baru tumbuh, beberapa orang tua cenderung akan menggunakan jari yang dibalut dengan kain lalu diatasnya diberi pasta gigi. Tetapi jika ibu ingin menggunakan sikat gigi maka pilihlah sikat gigi yang terbuat dari bahan yang lembut dan yang kecil ukuran sikat kepalanya. Selain itu juga secara rutin ibu harus mengganti sikat giginya. Terlebih jika mulai terlihat menyebar bulu sikatnya.

  • Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter Gigi

Banyaknya literatur yang menyarankan ibu untuk memeriksakan gigi bayi setelah tumbuhnya gigi yang pertama, atau paling lambat pada saat bayi sudah berusia 1 tahun. Jika adanya keluarga atau orang tua yang memiliki riwayat gigi tertentu maka akan sangat besarnya resiko si kecil untuk mengalami kerusakan pada giginya. Sebaiknya ibu mengkonsultasikannya dengan dokter jika adanya keluarga ibu yang memiliki riwayat seperti itu sehingga dapat dilakukannya tindakan pencegahan dini.

Terjadinya kerusakan gigi biasanya karena adanya keberadaan gula pada gigi si kecil. Adanya gula ini akan mampu untuk menghancurkan mineral yang berada pada permukaan gigi. Sebenarnya gigi bayi ini dapat menangani kondisi yang seperti itu, tetapi akan dibutuhkannya waktu beberapa jam untuk dapat mengatasi keberadaan gula pada gigi tersebut. Sehingga sebaiknya ibu tidak memberikan makanan ataupun minuman yang manis kepada si kecil dalam jangka waktu yang berdekatan.

Baca Juga !  Cara Memilih Minyak Goreng Sehat bagi Penderita Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A1D8194D802B