7 Tempat Wisata di Turki yang Harus Dikunjungi

3 min read

Siapa yang tidak kenal dengan Turki. Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang senantiasa jadi opsi destinasi liburan para wisatawan. Tidak hanya memiliki pesona alam yang menarik, Turki juga mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menaruh banyak cerita yang bisa menjadi insipirasi dan menambah pengetahuan sejarah kamu.

Bangunan- bangunan di Turki mempunyai karakteristik perolehan dari kombinasi antara Eropa serta Asia. Banyak di antara lain yang menaruh asal usul mengenai Islam. Karakteristik inilah yang membuat Turki menjadi negara yang dikunjungi oleh banyak turis. Untuk Kamu yang berencana mau liburan ke negeri ini, berikut ini merupakan daftar tempat wisata di Turki yang wajib untuk didatangi.

  1. Blue Mosque

Blue Mosque adalah masjid besar di Turki yang mempunyai karakteristik serta keelokan luar biasa. Bila Kamu berkunjung ke Turki, rasanya belum komplit jika belum mengunjungi masjid bersejarah ini. Masjid ini dibentuk oleh Sultan Ahmed 1 yang berawal dari era bangsa Ottoman era ke 14, sementara arsitektur bangunannya dimulai pada tahun 1609.

Mengapa dinamai dengan Blue Mosque( Masjid Biru)? karena keramik- keramik yang digunakan untuk menutupi bilik dan kubah masjid ini berwarna biru. Masjid ini memiliki 6 buah menara yang konon kabarnya sempat menuai kritikan karena jumlah menara nya sama menara yang terdapat di Masjidil Haram Mekkah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Sultan Ahmed 1 berdonasi untuk membiayai pembuatan menara ke 7 Masjidil Haram.

blue mosque

Bila Kamu mau berangkat bertamu ke tempat ini, Kamu diwajibkan menggunakan busana yang santun serta untuk perempuan diwajibkan mengenakan jilbab. Ketika masuk ke dalam lingkungan mesjid, kamu akan disajikan dengan bangunan arsitektur yang akbar nan mempesona dari Blue Mosque yang merupakan masjid dengan jamaah terbanyak di Istanbul dan menjadi salah satu tempat wisata di Turki yang harus kamu datangi.

2. Galata Bridge

Galata Bridge ataupun Jembatan Galata merupakan salah satu tempat darmawisata di Turki yang senantiasa marak didatangi oleh turis. Saat melewati jembatan yang dibentuk pada tahun 1836 ini, Kamu bisa menikmati panorama alam yang menyajikan 2 ciri bangunan yang berbeda, satu yang berciri khas Eropa dan satu lagi ciri Asia.

Yang istimewa dari jembatan ini adalah fakta bahwa jembatan ini terdiri dari 2 tingkatan. Pada bagian atas jembatan digunakan untuk lalu lalang transportasi dan pejalan kaki, sebaliknya pada tingkatan dasar dipadati dengan cafe dan juga restoran yang dibuka sejak tahun 2003 lalu. Bila kamu mau menikmati pemandangan alam di Jembatan Galata ini, waktu petang hingga menjelang malam menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi nya, selain menikmati sunset, kamu juga bisa sembari menyantap makanan ringan yang tersedia di area jembatan. Salah satu jenis kuliner yang patut dicoba adalah balik ekmek, merupakan kue ringan yang terdiri dari ikan panggan serta roti.

Galata bridge

 

3. Cappadocia

Saat kamu mengunjungi Turki, Cappadocia merupakan salah satu tempat darmawisata di Turki yang harus Kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keelokan alam yang amat memesona. Untuk menuju ke tempat wisata ini, Kamu bisa menggunakan moda bis dengan jarak tempuh 12 jam dari kota Istanbul. Cappadocia menyajikan panorama alam yang luar biasa seakan membuat kita sedang berada di planet lain. Panorama alam lembah, ngarai, dan juga perbukitan memenuhi  tempat wisata di Turki ini sejauh mata memandang. Karakteristik lain dari tempat wisata di Turki ini merupakan gedung rumah, gereja, restoran, dan  juga gorong- gorong yang terdapat di area ini seluruhnya ternyata dibuat dari tatahan bebatuan. Untuk semakin meningkatkan kepuasan kamu dalam menikmati pemandangan menakjubkan Cappadocia, kamu bisa mencoba naik balon udara bernama Royal Ballon.

cappadocia

4. Konya

Konya merupakan sebuah kota kecil di provinsi Anatolia yang dijuluki sebagai kota santri nya Turki. Termasuk sebagai kota dengan sejarah panjang karena sudah mulai dihuni oleh manusia pada 3000 tahun sebelum masehi. Kota konya sendiri menjadi salah satu kota pusat kultur kebudayaan di Turki dan terkenal dengan kereligiusannya yang identik dengan tokoh besar sufi Jalaluddin Rumi. Tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Konya adalah Melvana Museum yang menjadi pusat pembelajaran dan pengajaran sufi dan salah satu atraksi wisata utama yang wajib dikunjungi.

 

5. Topkapı Palace

Topkapı Palace sebelumnya ialah tempat bermukim para sultan yang dibentuk pada tahun 1459, alhasil di dalamnya ada banyak sekali jenis tempat, antara lain yang sebelumnya digunakan seperti rumah sakit, sekolah, mes, perpustakaan, taman, dan Mesjid. Tetapi sekarang ini Topkapı Palace sudah difungsikan sebagai museum.

6. Istiklal Street

Tempat wisata berbelanja selalu menjadi bagian yang penting bagi para wisatawan. Salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di Turki adalah Istiklal Street yang lokasi nya terletak di pusat kota Istanbul. Mempunyai luas 1,4 kilometer, di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai macam barang seperti pakaian, makanan, sampai buku. Di sepanjang jalan Istiklal juga terdapat klub malam, bioskop, cafe, serta banyak tempat hiburan lainnya. Setiap harinya jalanan ini selalu penuh dipadati oleh wisatawan, dimana di akhir pekan jumlahnya bisa mencapai 3 juta orang.

Istiklal
Istiklal street in Taksim-Beyoglu,Istanbul Turkey –

7. Pamukkale

Pamukkale ialah tempat wisata kolam renang air panas yang terkenal di Turki. Di tempat ini kamu akan disuguhkan kolam dengan pemandangan alam yang luar biasa. Jika dilihat sekilas, kolam pemandian air panas ini terlihat seperti hamparan salju, namun ternyata warna putih yang terdapat di kolam adalah logam kalsium yang membeku.

Di pemandian ini kamu leluasa berendam di kolam yang berbentuk berundak (terasering) yang tercipta dengan cara natural. Konon nya kolam air panas ini sanggup memulihkan berbagai macam penyakit seperti sesak napas, reumatik, penyakit mata, serta penyakit kulit. Pamukkale buka tiap hari mulai jam 8 pagi hingga dengan jam 8 malam, namun saat memasuki musim dingin tempat ini tutup pada pukul 5 petang.

Sekian artikel tentang Tempat Wisata di Turki semoga bermanfaat bagi kamu yang berencana mengunjungi Turki dalam waktu dekat ini. Dan untuk memastikan koneksi Internet kamu lancar selama berada di Turki, ada baiknya kamu menggunakan jasa sewa wifi yang sudah banyak tersedia agar selama liburan tetap bisa mengasyikkan.

Paket Wisata Nasional Dan Internasional

Sekarang ini, jika Anda ingin berlibur ke suatu daerah atau negara tertentu, Anda bisa berlibur dengan menggunakan paket wisata atau tidak. Masing-masing pilihan tersebut...
admin
1 min read

Laos, The Land Locked Country yang Memesona!

The land locked country? Tanah yang terkunci? Kok bisa? Iya, karena Laos tidak punya lautan dan diampit oleh tiga negara, yaitu Vietnam, Thailand, dan...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *