Cara Memilih Minyak Goreng Sehat bagi Penderita Kolesterol

1 min read

Konsumsi minyak goreng berlebihan adalah salah satu yang menimbulkan kolesterol. Maka Anda perlu memilih minyak goreng sehat untuk mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung. Dalam mencari minyak goreng sehat, banyak orang yang mengandalkan minyak zaitun. Padahal, masih banyak minyak goreng di pasaran yang manfaatnya setara, bahkan dapat lebih baik dari minyak zaitun. Berikut adalah cara memilih minyak goreng yang sehat:

 

 

  • Menggunakan produk nabati

 

Minyak goreng yang berasal dari produk hewani umumnya mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga Anda perlu menghindari beberapa produk hewani seperti mentega, keju krim, dan lemak hewani. Anda dapat menggunakan produk nabati sebagaimana yang akan diberikan  nantinya.

 

  • Memilih minyak goreng yang tinggi kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal

 

Memilih minyak yang mengandung omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, omega-3 dan lemak jenuh tunggal juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan inflamasi dan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah.

 

  • Memilih minyak goreng dengan smoke point tinggi

 

Smoke point atau titik asap adalah titik suhu terendah dari minyak yang dipanaskan hingga pertama kali menghasilkan asap. Titik asap yang tinggi akan menyebabkan minyak tidak cepat menghasilkan asap dan mengalami perubahan komposisi minyak. Lemak dalam minyak goreng pada suhu tinggi akan terurai menjadi gliserol dan asam lemak bebas sehingga mempengaruhi rasa dan kualitas minyak dan makanan yang dimasak.

Berbagai Pilihan Minyak Goreng Sehat

Berikut adalah berbagai pilihan minyak goreng sehat yang dapat Anda gunakan untuk memasak.

 

  • Minyak almon

 

Minyak ini memiliki smoke point yang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng. Anda dapat juga menggunakan minyak ini untuk mengolah makanan penutup.

 

  • Minyak kanola

 

Minyak kanola adalah minyak yang memiliki rasa yang netral dan smoke point yang cukup tinggi. Meskipun kandungan antioksidannya lebih sedikit dari minyak zaitun, terdapat kandungan asam alfa-linoleat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

 

  • Minyak alpukat

 

Minyak ini adalah minyak yang sehat karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Minyak ini juga memiliki smoke point yang tergolong tinggi sehingga cocok untuk menggoreng dan menumis.

 

  • Minyak biji anggur

 

Minyak biji anggur memiliki rasa kacang-kacangan dan juga smoke point yang cukup tinggi. Minyak ini cocok untuk digunakan memanggang, sebagai dressing salad dan bahan mayones.

 

  • Minyak kenari

 

Minyak ini dibuat dari kacang kenari yang dikenal sebagai salah satu kacang sehat dan kaya akan omega-3. Smoke point minyak ini tidak terlalu tinggi sehingga dapat digunakan untuk memanggang dan menumis dengan api kecil.

Itulah diantara cara memilih minyak goreng sehat bagi penderita kolestrol, selamat mencoba!

Deretan Makanan Sehat yang Bagus Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

  Ketika mengandung, sudah seharusnya para ibu hamil selalu ingin menjaga kandungan agar tetap dalam keadaan sehat. Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *