Manfaat Teh Sariwangi

1 min read

Kebiasaan minum teh di Indonesia mungkin tidak seperti di Jepang yang begitu melekat hingga minum teh memiliki aturan khusus dengan tata cara yang tidak mudah dilakukan. Meskipun demikian, kebiasaan minum teh juga banyak dilakukan keluarga di Indonesia setiap pagi atau ketika bersantai bersama keluarga. Tidak hanya memiliki rasa yang unik ternyata kebiasaan minum teh ini punya banyak manfaat lho. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan teh yang kaya akan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat beberapa jenis tanaman teh yang ada di dunia ini antara lain teh hijau, teh hitam, teh putih dan teh oolong. Semua teh ini dihasilkan  dari tanaman teh yang memiliki nama ilmiah camelia sinensis. Jenis tanaman teh memiliki bentuk dan kepekatan yang berbeda tergantung dari tingkat oksidasinya. Secara umum tanaman teh mengandung polifenol, kafein, asam amino, asam lemak omega 3 dan omega 6. Tidak hanya itu ternyata tanaman teh juga mengandung folat dan beberapa mineral seperti magnesium, fosor, kalium, floride dan juga mangan. Ternyata banyak bukan kandungan dari minuman santai ini.

Ditunjang oleh banyaknya kandungan dalam minuman ini, tak heran jika konsumsi teh dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh. Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari konsumsi teh adalah meningkatkan konsentrasi. Sama seperti  kopi yang juga dapat memberikan efek peningkatan konsentrasi, meskipun tidak sebanyak pada kopi kandungan kafein pada teh cukup berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi orang yang mengkonsumsinya. Kafein ini akan merangsang sistem syaraf pusat dan juga melancarkan aliran darah ke otak. Tapi teh tidak membantu anda begadang ya, karena kandungan kafein rendah pada teh tidak akan membuat anda kesulitan tidur.

Selanjutnya teh juga dapat menjaga fungsi kognitif otak, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan senyawa dalam teh hijau berpengaruh positif terhadap kesehatan otak. Konsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit alzaimer dan parkinson. Konsumsi teh hijau di indonesia memang tidak sepopuler teh hitam. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa teh hijau hanya diperuntukkan orang-orang yang sedang menjalani program diet, padahal teh hijau memberikan banyak manfaat kesehatan. Untuk memaksimalkan kinerja dari teh hijau ini lebih baik tidak menggunakan banyak gula dalam penyajiannya.

Teh juga dapat memelihara kesehatan mulut dan gigi. Kandungan antioksidan dalam teh berperan aktif dalam membunuh bakteri-bakteri jahat yang berkembang dalam mulut. Konsumsi teh secara rutin dipercaya dapat mengurangi karies gigi, dan juga mengatasi bau mulut. Tak heran jika minum teh setiap pagi bisa memberikan dukungan nafas segar sepanjang hari. Ternyata teh juga dapat menurunkan resiko diabetes. Baik teh hijau dan juga teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Namun perlu diingat minum tehnya tanpa gula ya, kalau minum teh dengan gula menggunung bukannya gula darah turun malah tambah naik tak terkira. Konsumsi teh disini maksudnya teh tawar. Selain menurunkan gula darah ternyata teh juga dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsi secara teratur dapat menurunkan tekanan baik sistolik dan juga diastolik. Namun tentu saja harus diimbangi dengan olahraga dan juga gaya hidup yang baik.

Demikian dekatnya budaya teh di Indonesia ingin identik dengan teh sariwangi. Teh celup pertama ini mampu membuat gebrakan ngeteh menjadi praktis. Teh sariwangi pula yang mengkampanyekan #maribicaraindonesia yang mendorong keluarga indonesia untuk meningkatkan kebersamaan keluarga dengan tradisi minum teh bersama. Menikmati waktu bersantai dengan minum teh memang tidak ada duanya apalagi ditemani dengan gorengan yang masih hangat. Selamat ngeteh kawan.  

Deretan Makanan Sehat yang Bagus Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

  Ketika mengandung, sudah seharusnya para ibu hamil selalu ingin menjaga kandungan agar tetap dalam keadaan sehat. Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *