Proses Perkembangan Janin Trimester Kedua Yang Perlu Ibu Diketahui

1 min read

Salah satu fase yang paling mendebarkan didalam hidup para ibu adalah pada saat mengalami kehamilan. Pastinya setiap ibu hamil tidak akan sabar untuk menanti kelahiran bayinya. Dan bahkan pada saat masih berada didalam kandungan pun ibu akan merasa penasaran tentang perkembangan janin yang ada didalam perutnya. Akan terjawabnya rasa penasaran ibu ditrimester kedua dengan melakukan proses ultrasonografi atau biasanya disebut dengan istilah USG. Melalui USG ini ibu dapat melihat pergerakan, pertumbuhan, posisi bayi, dan hari perkiraan lahir. Untuk mendapatkan hasil yang lebih jelas, lakukan USG ini pada saat usia kehamilan berusia 18 hingga 20 minggu.

Berikut proses berkembangnya janin trimester kedua yang perlu ibu diketahui diantaranya yaitu :

  • Ditrimester yang kedua ini akan berbeda dengan diawal masa kehamilan, dimana janin akan berkembang dengan sangat cepat. Didalam fase ini, ibu akan mengalami berbagai pengalaman yang cukup mengejutkan. Diusia kehamilan 19 minggu, ibu akan mulai merasakan janin bergerak untuk pertama kalinya. Sedangkan pada saat kehamilan memasuki usia 18 hingga 22 minggu maka untuk bisa mendeteksi jenis kelamin sang buah hati bisa melalui USG.
  • Ditrimester yang kedua ini sebagian besar perkembangan otak akan dimulai dan terus berlanjut hingga bayi dilahirkan nanti. Tidak hanya otak saja yang berkembang tetapi ada bagian lainnya yang ikut berkembang seperti paru paru, jantung, dan juga sistem darah. Ditrimester yang kedua ini panjang janin diperkirakan antara 3 hingga 5 inci.
  • Pada saat kehamilan memasuki usia bulan keempat maka akan mulai terbentuknya alis, bulu mata, kuku, dan juga leher. Selain itu juga akan mulai dapat ditekuknya lengan dan kaki, akan mulai bekerjanya ginjal dan dapat menghasilkan urine, dan juga janin sudah dapat mendengar dan menelan.
  • Pada saat kehamilan memasuki usia bulan kelima, akan menjadi lebih aktifnya janin dan gerakan apapun yang dilakukan si kecil, ibu sudah dapat merasakannya. Tetapi ada kalanya janin sama sekali tidak melakukan pergerakan apapun, pasalnya janin memiliki waktu tidur dan bangun yang teratur siklusnya. Pada fase ini, kulit janin yang tipis akan terlindungi oleh rambut halus dan lapisan vernix yang menutupinya.
  • Pada saat kehamilan memasuki usia bulan keenam, akan mulai tumbuhnya rambut, akan mulai terbukanya mata, dan akan berkembang dengan pesatnya otak. Sedangkan untuk bagian paru parunya belum berfungsi meski sudah terbentuk dengan benar. Difase ini juga akan dimulainya gerakan pernapasan dini. Pada bagian paru parunya akan terbentuk akan terbentuk zat yang disebut dengan surfaktan yang berfungsi untuk membantu janin untuk bisa berkembang secara normal hingga hari kelahiran nanti. Dan yang perlu ibu ketahui difase ini juga akan mulai terbentuknya kelenjar keringat bayi dan tubuh yang dimiliki bayi sangat kurus dengan kulitnya yang berwarna merah keriput.

Memasuki kehamilan trimester kedua atau pertengahan, ibu sebaiknya melakukan konsultasi kehamilan dan USG. Jika ibu menduga janin yang ada didalam kandungan itu kembar maka hal tersebut bisa dibuktikan melalui USG. Melalui USG juga pada fase ini akan dapat diidentifikasinya jenis kelamin si kecil, meski memang tidak sepenuhnya akurat. Sangat penting bagi ibu hamil untuk melakukan diagnosis sejak dini, hal ini bertujuan untuk dapat memberikan perawatan dengan lebih tepat dan cepat bagi sang buah hati.

Deretan Makanan Sehat yang Bagus Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

  Ketika mengandung, sudah seharusnya para ibu hamil selalu ingin menjaga kandungan agar tetap dalam keadaan sehat. Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *